Wednesday, June 16, 2010

Materi dan Modul MM Multimedia 2010/2011

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
1.Merakit personal computer
2.Melakukan instalasi sistem operasi dasar
3.Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)

KOMPETENSI KEJURUAN
1.Memahami etimologi multimedia
2.Memahami alir proses produksi produk multimedia
3.Merawat peralatan multimedia
4.Mengelola isi halaman web
5.Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
7.Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
8.Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
9.Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
10.Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
11.Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
12.Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
13.Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
14.Membuat story board aplikasi multimedia
15.Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya.
16.Menerapkan efek khusus pada objek produksi
17.Menyusun proposal penawaran
Baca Selengkapnya - Materi dan Modul MM Multimedia 2010/2011

Keuntungan menggunakan Sistem Operasi Linux

Linux adalah sebuah Unix-jenis sistem operasi awalnya dibuat oleh Linus Torvalds dengan bantuan dari pengembang di seluruh dunia. Dikembangkan di bawah GNU General Public License, kode sumber untuk Linux tersedia secara bebas untuk semua orang.Ada banyak Varian dari Linux yang di kembangkan di seluruh dunia sebagai Sistem operasi yang Free dan Open source yang sering di kenal dengan Istilah FOSS (Free/Open Source Software).Foss adalah Konsep berbagi , merdekan dan terbuka.
  1. Anda tidak perlu membeli Linux OS dan mengeluarkan Uang yang mahal untuk membeli CD Windows yang Original.
  2. Anda tidak Perlu takut Untuk di Sweeping atau di Razia Software karena Linux Free.
  3. Anda telah membantu mengurangi Pembajakan Software dan tidak perlu membeli Licensi Key/ Keygen.
  4. Apakah Anda suka internet? The TCP / IP protokol dibangun pada UNIX komputer (Linux)
  5. sedangkan Windows hanya embraced TCP / IP sebagai protokol asli dari Windows 2000.
  6. Sobat tidak perlu defragment Linux Selalu untuk selamanya..^_^
  7. Linux lebih aman karena Linux memiliki filosofi menjalankan proses pada tingkat
  8. terendah yang diperlukan akses.
  9. lebih dari 80% dari atas 500 supercomputers di dunia menjalankan Linux
  10. Jika anda memerlukan sebuah kantor suite Anda dapat men-download Open Office (Free)
  11. Anda tidak menderita vendor lock-in dengan Linux.
  12. Linux OS dapat menjalankan distribusi yang sama persis pada sistem 32-bit, 64-bit sistem sedangkan Windows Bajakan yang sering digunakan di Indonesia adalah Windows 32 Bit.
  13. Komunitas linux adalah orang yang berlimpah dengan keinginan untuk saling membantu memecahkan masalah apapun pengalaman serta berbagi tips dan ide untuk kreativitas.
  14. Linux tidak crash tanpa alasan jelas sewaktu di Jalankan.
  15. Linux tidak dapat membuat sistem anda unusable seperti yang sering di temukan di Windows.
  16. Pada Sistem Operasi Windows ketika selesai Update Antivirus dan Instal software seringnya meminta untuk Restart/reboot bahkan kadang Restart secara Otomatis (Windows Maksa Bro biar systemnya Update).Tetapi Linux tidak reboot dengan sendirinya (Otomatis)
  17. Linux dapat membaca dengan baik lebih dari seratus berbagai jenis file system.
  18. Sobat memiliki hak untuk mengubah apa-apa saja yang berada di dalam Linux jika memiliki kemampuan dan skill asal masih mencantumkan Varian Linuxnya.
  19. Sobat tidak akan terjebak dengan legacy application dimana vendor maupun providernya telah ditutup dan tak dapat memperbaruinya.
  20. Linux happily akan menginstal sendiri pada partisi hardisk logis. Anda tidak dibatasi untuk partisi utama.
  21. Linux dapat dijalankan dari CD tanpa harus mempengaruhi apa yang sudah di hard disk dari komputer.(IGOS OS yang murni Sistem Operasi buatan Indonesia yang di ambil dari Varian Fedora Linux pernah memberikan saya Live CD IGOS…Thanx IGOS..Promosi dikit)
  22. Tidak ada 1 Sistem Operasipun yang bisa meng-klaim terbebas dari serangan Virus maupun Trojan termasuk Linux.Tapi setidaknya Linux tetap lebih aman karena Linux merupakan Open source dan masih sedikitnya orang yang mengetahui tentang Scripting pembuatan Virus di Linux..hehe
  23. Pada Linux Anda mendapatkan khusus suite yang berisikan pendidikan dan permainan. Windows versi ini tidak dikembangkan, dan harus membeli Licensi.
  24. Anda tidak perlu untuk mencari Resor vendor atau menggunakan situs Windows Update untuk melakukan sesuatu pekerjaan.
  25. Anda dapat membuat sendiri distro Linux jika Anda inginkan. Bayangkan “MyLinux” untuk diberikan kepada semua teman dan keluarga Anda.(Ga kebayang kalau ada “DevitLinux” Mimpi kali y…Boleh dong…hehe).Kidding Sob…dan dengan catatan kita bisa mendistribusikannya ke setiap orang tanpa harus per-izinan alias Birokrasi dan akhirnya anda terkenal deh..
  26. Linux dapat membantu Anda menghapus spam tanpa biaya. Bahkan, Spam Assassin – salah satu yang paling populer open source anti-spam system – adalah dasar dari banyaknya komersial produk anti-spam. Kontras oleh produk seperti Symantec Mail Keamanan adalah sekitar $ 30/mailbox. Layanan seperti MessageLabs juga biaya per surat.
  27. (Waw mending buat email Baru deh kalau email Saya di kirim Spam Assassin daipada Bayar!)
  28. Perangkat lunak open source menawarkan versi yang lebih baik dari Microsoft Office SharePoint Server dari Microsoft
  29. Linux adalah sebuah sistem multi-user . Anda dapat memiliki banyak ratusan semua pengguna Linux yang bekerja di salah satu sistem. Sedangkan Windows Terminal Services menawarkan tapi tidak standar, dan ada yang ekstra lisensi per pengguna.
  30. Linux sangat kuat bahasa scripting yang memberikan kekuatan besar untuk sistem administrator.
  31. Proyek honeypot menemukan bahwa sebuah unpatched Linux server dapat lebih bertahan jika terkoneksi dengan Internet.sementara patch Windows’ server akan bangkrut dalam waktu beberapa jam.Bahkan tanpa patch, Linux masih lebih baik daripada Windows.
  32. An out-of-the-box sistem Linux dapat digunakan untuk yang jauh lebih besar dari berbagai kepentingan yang out-of-the-box sistem Windows. Anda akan mail server, web server, database server, dan file-print server, intranet server, remote akses server, VPN server, server FTP – apapun yang Anda inginkan, benar-benar.
  33. Linux tidak membatasi bagaimana konten digunakan pada sistem. Tidak ada manajemen hak digital (DRM) perlambatan bawah komputer atau menyebabkan konflik dengan hardware atau software. Tinggi kualitas audio visual keluaran tidak artificially direndahkan. Dengan Linux anda dapat memutar musik, menonton film dan menjalankan perangkat lunak. Sistem operasi tidak akan terganggu dengan adil-hak untuk menggunakan konten Anda sendiri.
  34. Sobat tidak akan menanyakan ke Mama…Ma mengapa RUNDLL32.EXE ?? hehe..^_^
  35. Berapa banyak kertas dan plastik yang digunakan untuk membuat dan mendistribusikan semua kotak set produk Microsoft? Linux adalah bebas didownload dari Internet.
  36. Beberapa vendor perangkat keras seperti ASUS akan mencari embedding Linux di silicon untuk membuat generasi berikutnya komputer mulai lebih cepat. Anda tidak boleh melakukan ini dengan Windows, dan jika tidak mungkin ia akan datang dengan kenaikan harga karena perizinan.
  37. Linux tidak akan mati karena open source dan Free.Tidak seperti Sistem Operasi yang Lain.Maaf Y Vendor yang OS yang telah Tutup BeOS, AmigaOS
sumber  http://blog.duniasoftware.com/manfaat-sistem-operasi-di-linux.html
Baca Selengkapnya - Keuntungan menggunakan Sistem Operasi Linux

Monday, June 14, 2010

Selamat datang siswa baru SMKN 1 Purwodadi

Selamat datang di SMKN 1 Purwodadi bagi calon siswa yang pada hari ini 14 Juni 2010 dinyatakan diterima manjadi siswa SMKN 1 Purwodadi.
Pada penerimaan siswa baru ini terdiri dari Kompetensi Keahlian yaitu:

1. Akuntansi
2. Administrasi Perkantoran
3. Pemasarann
4. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
5. Busana Butik
6. Multimedia (MM)

Selamat bagi yang diterima....
Baca Selengkapnya - Selamat datang siswa baru SMKN 1 Purwodadi

Monday, June 7, 2010

Materi dan Modul TKJ 2010/2011

Dasar Kompetensi Kejuruan
1. Merakit Personal Komputer
2. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
3. Menerapkan Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
Kompetensi Kejuruan
1. Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar
2. Menerapkan Fungsi Periferal dan Instalasi PC
3. Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Periferal
4. Melakukan Perbaikan dan/ atau Setting Ulang Sistem PC
5. Melakukan Perbaikan Periferal
6. Melakukan Perawatan PC
7. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Command Line Interface (CLI)
8. Melakukan Instalasi Software
9. Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (Local Area Network)
10. Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC yang tersambung Jaringan
11. Melakukan Perbaikan dan/ atau Setting Ulang Koneksi Jaringan
12. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI (Graphical User Interface)
13. Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Berbasis Luas (Wide Area Network)
14. Mendiagnosis Permasalahan Perangkat yang tersambung Jaringan Berbasis Luas (Wide Area Network )
15. Melakukan Perbaikan dan/atau Setting Ulang Koneksi Jaringan Berbasis Luas (Wide Area Network)
16. Membuat Desain Sistem Keamanan Jaringan
17. Mengadministrasi Server dalam Jaringan
18. Merancang Bangun dan Menganalisa Wide Area Network
19. Merancang Web Data Base untuk Content Server
20. Menginstalasi Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
21. Mengistalasi Sistem Operasi Open Source
22. Menginstalasi dan Mengkonfigurasi Router
Baca Selengkapnya - Materi dan Modul TKJ 2010/2011

Tuesday, June 1, 2010

Kategori Lomba INAICTA 2010


Kategori Lomba INAICTA 2010

A. PROFESSIONAL

  1. E-Government
    Semua karya berupa produk TIK yang dapat memberikan nilai tambah pada berbagai bentuk jasa pelayanan publik dan proses internal administrasi pemerintahan. Nilai tambah tersebut hendaknya bisa terukur, antara lain pada peningkatan efisiensi, efektifitas, dan transparansi.
  2. E-Business for Enterprise
    Semua karya inovasi yang berupa TIK yang ditujukan untuk memudahkan operasional dan pencapaian Tujuan dan Strategi Perusahaan. Contoh aplikasi : Office Automation, ERP, Supply Chain Management, Hospital Information Systems, F inancial Services Industry Application, Sistem Informasi Administrasi Pendidikan dan lain-lain.
  3. E-Business for SMEs
    Semua karya inovasi TIK yang ditujukan untuk membantu meningkatkan Produktifitas, Efisiensi dan Kemudahan kerja untuk membantu KUKM Contoh : Aplikasi Akunting, Aplikasi Perhitungan Pajak, Aplikasi Bisnis, Aplikasi Apotik, Aplikasi Ritel dan lain-lain.
  4. E-Learning
    Semua karya inovasi dan karya kreatif memanfaatkan TIK, berupa konten pengajaran atau program e-learning dalam kerangka peningkatan kualitas sistem belajar dan mengajar. Contoh: Math Online Learning.
  5. Digital Animation
    Karya kreatif berbasis cerita ( story telling ) yang dikembangkan menggunakan 3D pre-built rigs atau piranti 2D. Durasi produk animasi yang dilombakan minimum 30 detik.
  6. Digital Interactive Media
    Karya kreatif berupa konten yang memberikan solusi penyampaian komunikasi dan solusi dengan menggunakan nilai-nilai estetis, antara lain:
    • New Media, seperti internet art, interactive art technologies, misalnya: new media digunakan untuk mensimulasikan biotechnology dan computer robotics.
    • Interactive Advertising, yaitu penggunaan interactive media online/offline sebuah brand/produk untuk berkomunikasi secara persuasif dan interaktif dengan konsumen.
    • Video Game Production, yaitu electronic game yang melibatkan interaksi dengan graphical user interface untuk menghasilkan feedback visual.
  7. Computer Generated Imagery (2D/3D)
    Karya kreatif berupa gambar orisinal, yang belum terdaftar pada hak cipta dan hak paten sebelumnya, yang dipresentasikan oleh satu individu (atau lebih). Karya yang pengembangannya pernah mendapatkan bantuan dana pihak ketiga, dan hak karya intelektual-nya telah menjadi milik pihak ketiga tidak diperkenankan untuk didaftarkan.

    Tema CGI: “Promoting Komodo Island as the New 7 Wonders of The World”

  8. Tools and Infrastructure
    Karya inovasi TIK yang termasuk dalam kategori ini antara lain; (termasuk namun tidak terbatas pada):
    • Piranti lunak berupa Operating System, atau bahasa pemrograman
    • Piranti lunak dengan rancangan yang memudahkan pengguna untuk menarik, mengatur, mengelola dan memanipulasi data dan database.
    • Piranti lunak berupa tools untuk mengembangkan aplikasi atau database atau operating system.
    • Program piranti lunak dalam bentuk apapun yang dirancang untuk mengawasi operasi teknologi sistem integrasi.
    • Chipset
    • Alat bantu telekomunikasi
  9. Research and Development
    Karya inovasi TIK yang termasuk dalam kategori ini adalah produk hasil riset dan pengembangan (RnD) baik berupa prototipe atau produk jadi. Tidak termasuk yang sudah dikomersialisasikan secara luas.
  10. OpenSource Application
    INAICTA secara khusus memberikan kesempatan kepada para pengembang yang memanfaatkan perangkat lunak dengan lisensi bebas/terbuka (Free/Open Source Software – FOSS ). Kesempatan ini bukan berarti bahwa karya berbasis FOSS tidak bisa berlomba pada kategori lainnya. Semua karya inovasi yang dihasilkan berupa produk perangkat lunak atau solusi dalam bentuk kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras, dengan lisensi Open Source (source code / skema dipublikasikan seluruhnya, dengan lisensi bebas), dan menunjukkan secara nyata kelebihan perangkat lunak dan/atau teknologi dengan lisensi bebas/terbuka.
  11. Digital Music
    Karya inovasi TIK dibidang musik, mencakup segala kreasi karya musik yang sejak proses penciptaan hingga hasil akhirnya mempergunakan piranti teknologi, yang memiliki nilai estetika dan kreatifitas dibidang musik.
  12. Mobile Application
    Semua karya berupa aplikasi yang berjalan pada Mobile Device, untuk semua platform (Java, Symbian, BREW, MTK, dll). Aplikasi memberikan manfaat bagi masyarakat, mempunyai nilai komersil, dan sudah berupa aplikasi yang sudah jadi / siap pakai.

B. STUDENT

  1. Student Project
    Karya inovasi berupa karya asli dari siswa atau mahasiswa; bukan merupakan hasil karya dari guru atau pembimbing. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat mengakibatkan peserta didiskualifikasi. Kategori ini dibuka untuk pelajar/mahasiswa dari tingkat:
    • SD
    • SMP
    • SMA/ SMK
    • Perguruan Tinggi
  2. Obstacle Robot
    Kemampuan Rancang bangun robot dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak sebagai penerapan TIK dengan menggunakan komponen robot buatan sendiri dan/atau menggunakan “robot-kit” yang telah ada dipasaran, serta membuat program pengendalian robot sendiri dengan strategi yang direncanakan.Tujuan kategori ini adalah membuat robot yang dapat bergerak secara otomatis untuk mencapai tujuan akhir dalam arena lomba yang berisi rintangan-rintangan yang telah disediakan serta mengambil “tokens”dan memasukkannya kedalam wadah tertentu, dalam waktu sesingkat-singkatnya.

    Tim harus membawa robot yang sudah terakit dengan baik, dan membuat program pengendalian robot serta mencoba mobilitas robot, melewati rintangan dan penghalang dalam arena dalam batas waktu yang telah ditentukan. setelah itu robot akan dilombakan dalam arena yang telah ditentukan. Kategori ini dibuka untuk tingkat:

    • SD
    • SMP
    • SMA / SMK

    Info selengkapnya tentang aturan lomba dapat dilihat di Obstacle Race Robot

  3. Maze Solving Robot
    Kemampuan Rancang bangun robot dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak sebagai penerapan TIK dengan menggunakan komponen robot buatan sendiri dan/atau menggunakan “robot-kit” yang telah ada dipasaran, serta membuat program pengendalian robot sendiri dengan strategi yang direncanakan.

    Tujuan kategori ini adalah membuat robot yang dapat bergerak secara otomatis untuk mencapai tujuan akhir dalam arena lomba dengan mengikuti garis-jalur panduan yang telah disediakan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Pola jalur lintasan akan ditentukan pada hari pelaksanaan lomba.

    Tim harus dapat merakit robot nya, membuat program pengendalian robot serta mencoba mobilitas robot, melalui jalur yang telah ditentukan dalam arena, dalam batas waktu yang telah ditentukan. setelah itu robot akan dilombakan dalam arena yang telah ditentukan. Kategori ini dibuka untuk tingkat:

    • SD
    • SMP
    • SMA / SMK
Baca Selengkapnya - Kategori Lomba INAICTA 2010


TKJ SMKN 1 Purwodadi by widoajiwibowo. Powered by ICT Center Purwodadi and Supported by Hanya Kutipan